Streetwear di Indonesia pada awalnya hanya sebagai produk-produk
spesifik yang diminati oleh komunitas tertentu saja, seperti penggemar
music rock dan skateboard. Namun, beberapa tahun belakangan ini telah
mengalami banyak perkembangan, menjadi sebuah kultur tersendiri di
kalangan remaja dan dewasa.
Seperti
yang kita ketahui, banyak brand baru bermunculan , dan hanya segelintir
saja yang dapat bertahan lama karena loyalitas fans dan manajemen yang
baik dalam menghadapi masalah yang mungkin hampir semua brand akan
dapatkan, seperti pembajakan, hak cipta, dan lain sebagainya. Dan kami
telah menyusun 10 brand distro/streetwear terbaik di Indonesia saat ini
(ditulis pada Juli 2016), yang pastinya, bakal banyak perdebatan dengan
brand favorit kalian yang mungkin tidak masuk dalam list ini.
10. Bloods Industries
Brand
yang di rintis sejak tahun 2002 ini, awalnya bernama Blood Sheed Rain.
Dan nama Bloods sendiri baru di gunakan ketika industri clothing di
Bandung mulai berkembang. Memilih inspirasi desain beraroma pop dan
harga jual yang bersahabat, kini bisa di bilang Bloods telah sukses
dengan 11 concept store nya di berbagai kota di Indonesia.
9. Black ID
Kamu
tahu Black ID? Kick Denim? Diery? Jika tidak, maka kamu perlu berpikir
ulang kalau kamu adalah penyuka streetwear Indonesia sejati. Brand yang
di dirikan oleh Imonz (sapaan akrab Hartiman) ini bisa dibilang sangat
popular di Indonesia, sedihnya adalah, brand yang satu ini banyak sekali
“dicoba” dengan pembajakan di sana-sini. Gaya dan tema yang mengikuti
perkembangan zaman, menjadikan Black ID tetap bertahan dan eksis hingga
sekarang.
8. Rown Division
Tidak
salah jika menggunakan nama Rown Division, karena brand ini mempunya 3
divisi berbeda untuk pasar yang berbeda pula. Untuk pria, terdapat Rown
division itu sendiri, dan Pretty Rown untuk pasar fashion wanita.
Uniknya, Rown Division juga mempunyai segmen tersendiri untuk anak-anak,
yakni Rown Junior. Brand asal Solo ini pun juga telah banyak
berekspansi ke seluruh Indonesia.
7. Magnum Reload
Perusahaan ini lahir pada tahun 2009. Dibangun berdasarkan pada kreativitas, di bawah merek bernama MAGNUM RELOAD, perusahaan ini mencoba untuk menghasilkan pakaian pria untuk memberikan orang-orang muda perlu tentang gaya. Desain produk mewakili pemuda yang memiliki kreativitas yang baik dan dinamis. Koleksi kami tidak hanya tentang pakaian, kami memiliki aksesoris sebagai produk gratis yang juga memiliki standar kualitas tinggi dan dapat mempengaruhi gaya hidup dan masalah tren. Kami berkomitmen untuk memberikan konsumen kami kepuasan dengan memakai nyaman kami, fungsional produk dan mewakili diri mereka sendiri dengan gaya mereka sendiri.
6. Berak
Kami masih belum mengetahui dengan penamaan brand ini, yaitu (maaf)
Berak. Yup, dengan font (maaf) Berak yang menghiasi tshirt, jacket, topi
dengan berbagai tema, menjadikan (maaf) Berak sebagai brand yang unik
dan mempunyai penggemar yang tidak sedikit juga. Terbukti, akun
instagram official (maaf) Berak telah diikuti lebih dari 267k followers
dan 31k di twitter. Megunakan pemasaran dengan sex appeal yang kental
akan seorang model dengan posisi yang hot, ditambah desain dan font
apparel yang unik, tidak ada salahnya mengoleksi apparel dari brand satu
ini.
5. Sunday Sunday Co.
Ice
cream on cotton! Begitulah ciri khas dari brand ini, menjadikan es krim
sebagai logonya. Dochi Sadega sebagai pionir Pop-Punk di Indonesia
membuat brand ini pada tahun 2010 dan mendapat ide ini ketika es krim
yang hendak dimakan terjatuh ke tshirt nya di hari minggu (Sunday).
Mempunyai banyak koleksi yang apik, termasuk kolaborasi bersama FYC
footwear dengan konsep es krim meleleh pada sepatu, dan sebagai salah
satu kolaborasi terbaik menurut kami.
4. 3SECOND Clothing
3Second
memulai perjalanan bisnis distro mereka pada tahun 2001, kultur
streetwear yang kuat dan manajemen yang bagus, membuat brand ini
bertahan hingga sekarang. Bahkan, 3Second juga mengeluarkan brand
lainnya, seperti Greenlight, Moutley, dan Famo. Terlebih, brand ini juga
mempunyai beberapa concept store di mall. Hal ini mungkin di karenakan
aktifitas belanja orang Indonesia yang lebih suka berbelanja di satu
tempat yang komplit.
3. Ouval RSCH
RSCH
merupakan salah satu pemimpin dalam dunia streetwear yang menawarkan
desain simple. Desain aestetik dan original yang mudah diterima di
kalangan banyak orang, membuat brand ini banyak di kagumi dan sebagai
salah satu koleksi wajib. Mengeluarkan produk dari sepatu hingga topi,
kita bisa dengan mudah mix and match dengan brand ini. Ditambah, harga
dari produknya yang juga masih bisa bersahabat dengan dompet pas-pasan.
2. Dreambirds
So
HOOT~! Ya, mungkin itu adalah ungkapan para Birdies (penggemar setia
produk Dreambirds) untuk produk-produk yang dirilis. Bagaimana tidak?
Rilisan yang terbatas, hanya 100-200 pcs per artikel, membuat banyak
penggemar setianya mengantri, untuk membeli rilisan terbaru saat itu
juga. Sehingga muncul kebanggaan tersendiri bagi yang memakainya. Tidak
heran, jika produk dari Dreambirds banyak yang cepat sold out. Dan kami
pun memang tidak bisa menyangkalnya, bahwa setiap artikel Dreambirds
mempunyai cerita dan desain yang keren dan tidak biasa.
- Crooz
Banyak
orang yang mengakui, Crooz merupakan sebuah kesuksesan, meskipun banyak
cerita yang di alami oleh Max Praditya tentang perjuangannya membangun
brand hingga sebesar ini. Crooz adalah salah satu brand yang memimpin
pasar streetwear Indonesia, bahkan berekspansi hingga pasar Asia
Tenggara. Crooz juga menjadi merchandise resmi bagi band-band yang
mendunia dan berkolaborasi dengan banyak brand dan artis mulai dari
Indonesia, China, Jepang, Singapore dan lainnya.
Mantab bro https://www.bitebrands.co/2016/12/merek-brand-streetwear-populer-terkenal-dunia.html
BalasHapus